Thursday, May 2, 2013

Islam--Etimologi dan Petunjuk Ilahi

Ada banyak ayat Al-Qur'an yang mendefinisikan Islam dan merujuk tuntunan ilahinya, beberapa diantaranya:

وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

"Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Qur’an) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat." (Q.2:4)
ءَامَنَ الرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيْهِ مِن رَّبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ ءَامَنَ بِاللهِ وَمَلاَئِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لاَ نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِّن رُّسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ
"Rasul telah beriman kepada al-Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Rabbnya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan),’Kami tidak membeda-bedakan antara seserangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya,’ dan mereka mengatakan,’Kami dengar dan kami ta’at.’ (Mereka berdoa),’Ampunilah kami ya Rabb kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.." (Q. 2:285)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا
"Hai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya" (Q. 4:136)

Dari ayat - ayat tersebut, dapat disimpulkan:

  • Kaum muslim meyakini bahwa Allah (swt) menurunkan wahyu terakhir-Nya untuk manusia kepada Nabi Muhammad (saw) melalui malaikat Jibril. Bagi kaum muslim Nabi Muhammad adalah nabi Allah swt yang terakhir.
  • Dalam Islam, nabi adalah manusia yang ditunjuk oleh Allah (swt) untuk menjadi utusan-Nya. Nabi adalah manusia, bukan Tuhan.Adam, Nuh, Ibrahim, Daud, dan Isa adalah nabi. Semua utusan Allah (swt) menyampaikan pesan tertinggi Islam, yaitu, ketundukan pada kehendak Allah (swt).
  • Konsep teologis fundamental Islam adalah tauhid-keyakinan bahwa hanya ada satu Tuhan, Allah (swt). Sebagaimana tertulis juga di Surah Al-Ikhlas ayat 1:
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
"Katakanlah: 'Dia-lah Allah, yang Maha Esa!'" (Q. 112:1)

Nabi Muhammad (saw) lahir di Makkah pada tahun 570 M. Pada usia 40 tahun, saat sedang menyepi beliau mendapatkan wahyu pertamanya dari Allah (swt) melalui malaikat Jibril. Wahyu ini, yang berlanjut selama 23 tahun dikenal sebagai Al-Qur'an.

Nabi dan kelompok pemeluknya yang kecil mengalami banyak tentangan di Makkah, yang berkembang demikian ganas sehingga pada tahun 622 Allah (swt) memerintahkan mereka untuk pindah (hijrah). Perpindahan ke kota Madinah ini memnandai awal penanggalan Islam.

Source: Buku Pintar Keuangan Syariah oleh Daud Vicary Abdullah dan Keon Chee

0 comments:

Post a Comment