Thursday, March 28, 2013

EKONOMI SYARIAH: SDM jadi Masalah Utama

BISNIS.COM--JAKARTA: Kurangnya sumber daya manusia terdidik dalam ekonomi syariah ternyata bukan hanya menjadi masalah di Indonesia. Masalah yang sama juga terjadi pada banyak negara yang memiliki industri keuangan syariah. Alfatih Gessan Pananjung WA, Dosen Senior Bahrain Institute of Banking Finance, mengatakan masalah kekurangan sumber daya manusia (SDM) intelektual pada industri keuangan syariah terus diekspose melalui media massa. "Sejumlah media massa besar di dunia selalu mengangkat masalah kekurangan SDM pada ekonomi syariah karena itu merupakan salah satu masalah yang terjadi saat ini," ujarnya dalam seminar Sustainable Strategies of Sharia Banking in Indonesia in Response to The Global Economic Challenges, 6 Februari 2012. 

Menurutnya, SDM merupakan aset terpenting dalam industri syariah dalam mendukung perkembangan bisnis. "SDM merupakan faktor penting dalam mempertahankan kinerja dan daya saing dalam industri keuangan syariah," ujarnya. Dia menambahkan SDM dalam dunia ekonomi syariah berbeda dengan keuangan konvensional karena harus mengintegrasikan spiritual Islam, selain pengembangan pengetahuan dan keahlian perbankan. "Pendidikan dan latihan merupakan solusi kunci untuk menyelesaikan masalah ini."

Ketersediaan SDM dalam perbankan syariah merupakan salah satu masalah yang mendera industri selama ini. Dalam lima tahun mendatang (2017), industri keuangan syariah membutuhkan sekitar 40.000 SDM guna mendukung perkembangan industri yang diproyeksi masih tumbuh secepat 3 tahun terakhir. Dalam lima tahun terakhir industri perbankan syariah tumbuh 37,9% dan khusus tahun lalu tercatat 48,35%. (tw)

0 comments:

Post a Comment